RANGKUMAN BAB VII (Aisyah Rahmalia R 7A/01)

 BAB VII

Algoritma dan Pemrograman


·     Tujuan pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, kalian akan mampu menjelaskan lingkungan pemrograman blok/visual dan membuat atau memodiikasi program blok untuk tujuan tertentu sesuai contoh.


                                                         ·     Peta Konsep 



·     Kata Kunci

Pemrograman Visual; Algoritma; Pemrograman; Scratch;  


-   Apa itu Algoritma? 

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer.


       - Apa itu Pemrograman?

Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Pemrograman memberi perintah atau “kode” kepada komputer.

Pemrograman visual terdapat elemen visual yang mempresentasikan pernyataaan atau struktur control, yang memungkinkan kalian untuk membuat program dengan menyusun elemen visual secara grafis. Yang menghasilkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game. Contohnya aplikasi “Scratch”


A. Programming 


·   Mengapa perlu belajar Programming?

- Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian soal, dll.

-  Sama bergunanya seperti belajar bahasa asing, bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancang.

-  Perkiraan di masa datang akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming diseluruh dunia.

-  Akan mudah mendapat pekerjaan dimanapun, karena kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kemampuan programming selalu meningkat

-  Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer.

-  Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas.

·     Bagaimana cara belajar pemrograman?

Dimulai dari pengenalan, pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online. dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer. Mula-mula, kalian bisa mencontoh karena baru belajar pertama kali. Jika kalian sudah bisa, kalian dapat berkreasi untuk membuat program sesuai imajinasi kalian.


 3. Scratch

Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari.


   

 4.  4. Membuat Akun

Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak. Kelebihan memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek Scratch.

Cara membuat akun pada scratch: 


Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah. Apabila sudah memiliki akun, pilih menu sign in di kanan atas untuk masuk menggunakan akun. 


Setelah berhasil login, akan muncul halaman home:



5. Mengenal "Universe" Scratch


1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek. 

2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F). 
3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek. 
5. Menu E:  Meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri. 
6. Menu F: Untuk mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D. 
7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada. 
8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

 Pada Scratch, kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite.  Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kalian menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. Kalian harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga sama pentingnya


- Jalan tanpa henti

Dengan menambahkan kode control forever, sprite dapat berjalan per 10 langkah terus menerus sampai ujung dengan satu kali event (ketika bendera hijau ditekan). Kode untuk pengulangan tidak terbatas : forever


- Bunyi bunyian

Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.


- Bermain dengan latar gambar

Kalian dapat menambah background untuk tampilan. Background ini dapat digunakan dari awal atau dapat ditampilkan dari event tertentu dulu. 


- Bermain dengan karakter

Sprite akan menjadi tokoh yang dapat kita program. Setiap sprite akan mempunyai perilaku sendiri-sendiri, atau bisa juga berinteraksi dengan sprite lain. 

 









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alasan mengapa saya memilih Labschool

Bab 4 Sistem Komputer (Aisyah R / 7A / 01)