RANGKUMAN BAB VII (Aisyah Rahmalia R 7A/01)
BAB VII
Algoritma dan Pemrograman
· Tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, kalian akan mampu menjelaskan lingkungan pemrograman blok/visual dan membuat atau memodiikasi program blok untuk tujuan tertentu sesuai contoh.
· Peta Konsep
· Kata Kunci
Pemrograman Visual; Algoritma; Pemrograman; Scratch;
- Apa itu Algoritma?
Algoritma
adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Algoritma
akan diterjemahkan menjadi kode
program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer.
- Apa itu Pemrograman?
Pemrograman
adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan
situs web. Pemrograman memberi perintah atau “kode” kepada komputer.
Pemrograman visual terdapat elemen visual yang mempresentasikan pernyataaan atau struktur control, yang memungkinkan kalian untuk membuat program dengan menyusun elemen visual secara grafis. Yang menghasilkan sebuah “program” yang kalau dijalankan, akan memberikan efek menakjubkan, misalnya animasi atau bahkan game. Contohnya aplikasi “Scratch”
A. Programming
· Mengapa
perlu belajar Programming?
- Informatika
membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang lainnya termasuk
matematika, sains, penyelesaian soal, dll.
- Sama bergunanya seperti belajar bahasa asing,
bedanya ialah bahwa bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat
memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancang.
- Perkiraan di masa datang akan banyak sekali
lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming diseluruh dunia.
- Akan mudah mendapat pekerjaan dimanapun,
karena kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kemampuan programming selalu
meningkat
- Informatika adalah ilmu yang terpakai di
semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer.
- Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas.
· Bagaimana cara belajar pemrograman?
Dimulai dari pengenalan, pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online. dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer. Mula-mula, kalian bisa mencontoh karena baru belajar pertama kali. Jika kalian sudah bisa, kalian dapat berkreasi untuk membuat program sesuai imajinasi kalian.
3. Scratch
Scratch
dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of
Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana
berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari.
4. 4. Membuat Akun
Untuk
menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak.
Kelebihan memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek Scratch.
Cara membuat
akun pada scratch:
Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah. Apabila sudah memiliki akun, pilih menu sign in di kanan atas untuk masuk menggunakan akun.
2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.
5. Menu E: Meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
6. Menu F: Untuk mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik.
ReplyDelete